FORMAT PENILAIAN
KETERAMPILAN MENGAJAR GURU
Nama Sekolah : ...........................................................
...........................................................................
Alamat
Sekolah : ...........................................................
..........................................................................
Nama Guru :
...................................................... Supervisor : ..........................................
Mata Pelajaran/Kelas :
............................................/.......... Tanggal :
..........................................
Jam :
.............. s/d ................. Jlh Skor : .........................(max: 100)
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (0, 1, 2, 3, 4) sesuai
dengan kriteria sebagai berikut.
0
= sangat tidak baik = sangat rendah
1
= tidak baik = rendah
2
= kurang baik = sedang
3
= baik = tinggi
4 = sangat baik
= sangat tinggi
NO
|
URAIAN KEGIATAN/PERTANYAAN
|
SKOR
|
SUB
JLH
|
1
|
Keterampilan membuka
pelajaran.
|
||
1) Kejelasan penyampaian
tujuan pengajaran
|
0 1
2 3 4
|
||
2) Membandingkan pengetahuan
baru dengan yang lama
|
0 1
2 3 4
|
||
3) Tingkat keterkaitkan pokok
bahasan dengan kehidupan nyata
|
0 1
2 3 4
|
||
4) Kemampuan memastikan murid
siap utk belajar (penasaran)
|
0 1
2 3 4
|
||
2
|
Keterampilan Menjelaskan
|
||
5) Tingkat penggunaan kalimat
yang tidak berbelit-belit
|
0 1
2 3 4
|
||
6) Tingkat kejelasan istilah
(kata) yang tidak meragukan murid
|
0 1
2 3 4
|
||
7) Kesesuaian alat peraga/media
|
0 1
2 3 4
|
||
8) Kesesuaian metode (ceramah, diskusi,
demonstrasi, dll)
|
0 1
2 3 4
|
||
9) Kesesuaian contoh dengan usia dan latar
belakang murid
|
0 1
2 3 4
|
||
10)
Tingkat sistematika dan struktur penyajian
|
0 1
2 3 4
|
||
11) Kemampuan membuat ringkasan/ikhtisar materi
pelajaran
|
0 1
2 3 4
|
||
12) Tingkat penguasaan materi pelajaran
|
0 1
2 3 4
|
||
13) Tingkat ketersediaan waktu bagi murid untuk
bertanya.
|
0 1
2 3 4
|
||
3
|
Keterampilan Variasi dan
Penguatan dalam gaya mengajar
|
||
14) Volume
suara, nada suara dan kecepatan berbicara.
|
0 1
2 3 4
|
||
15) Perubahan
mimik dan gerakan badan untuk memperjelas pelj
|
0 1
2 3 4
|
||
16) Perubahan
posisi gerak dalam ruangan dan kontak pandang
|
0 1
2 3
4
|
||
17) Tingkat
pemberian pujian melalui kata-kata dan kalimat
|
0 1
2 3 4
|
||
18) Tingkat
pemberian pujian dengan mendekati dan menyentuh
|
0 1
2 3 4
|
||
4
|
Keterampilan Mengelola Kelas
|
||
19) Bersikap
tanggap dgn memandang seksama semua murid
|
0 1
2 3 4
|
||
20) Membagi
perhatian secara verbal dan visual (belajar kondusif).
|
0 1
2 3 4
|
||
21) Memberikan petunjuk dan
informasi kepada seluruh murid meskipun sifatnya untuk individu.
|
0 1
2 3 4
|
||
5
|
Keterampilan Menutup
Pelajaran
|
||
22) Tingkat kejelasan dan ketepatan pertanyaan evaluasi
|
0 1
2 3 4
|
||
23)
Perubahan tingkat kognitif pertanyaan (1= ingatan; 2 = pemahaman; 3 =
aplikasi; 4 = analisis dan sintesa/bandingan)
|
0 1
2 3 4
|
||
24)
Kesimpulan & kesesuaiannya dgn
pencapaian tujuan pelajaran
|
0 1
2 3 4
|
||
25)
Kejelasan instruksi materi pelajaran pd pertemuan selanjutnya
|
0 1
2 3 4
|
||
JUMLAH TOTAL
SKOR
|
CATATAN
SUPERVISI KELAS
No
|
Temuan dan Masalah
|
Solusi
|
Penanggungjawab
Solusi
|
Tanggal Pelaksanaan
|
………………………,
tgl …………………………
Supervisor
ISI MAKALAH
1. JUDUL MAKALAH
2. NAMA MAHASISWA
3. ABSTRAK (200 KATA)
4. PENDAHULUAN
A. Permasalahan actual berkaitan dengan judul (jelaskan
sumber, gunakan footnote)[1].
Guru korupsi[2]
B. Tujuan Penyusunan Makalah
C. Manfaat
5. TINJAUAN TEORETIK (sesuai judul masing-masing)
A. Definisi
B. Karakteristik/Kriteria
C. Langkah-langkah kerja/prosedur
6. PEMBAHASAN
A. Bandingkan dengan teori lain/sumber lain
B. Bandingkan dengan kenyataan (latar belakang)
7. PENUTUP
A. Kesimpulan (sesuai tujuan)
B. Rekomendasi (sesuai manfaat)
8. DAFTAR PUSTAKA
Silalahi, Robert, Pendekatan Pembelajaran,
Medan: Erlangga, 2012.
0 komentar:
Post a Comment