6 June 2013

FORMAT PENILAIAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU

FORMAT PENILAIAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU

Nama Sekolah : ........................................................... ...........................................................................
Alamat Sekolah : ........................................................... ..........................................................................
Nama Guru                 : ...................................................... Supervisor : ..........................................
Mata Pelajaran/Kelas  : ............................................/.......... Tanggal     : ..........................................
Jam                            : .............. s/d .................                   Jlh Skor   : .........................(max: 100)

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (0, 1, 2, 3, 4)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
0 = sangat tidak baik = sangat rendah
1 = tidak baik                =          rendah
2 = kurang baik              =          sedang
3 = baik                         =          tinggi  
4 = sangat baik              =          sangat tinggi
NO
URAIAN KEGIATAN/PERTANYAAN
SKOR
SUB JLH
1
Keterampilan membuka pelajaran.


1) Kejelasan penyampaian tujuan pengajaran 
0    1    2    3    4  

2) Membandingkan pengetahuan baru dengan yang lama
0    1    2    3    4  

3) Tingkat keterkaitkan pokok bahasan dengan kehidupan nyata
0    1    2    3    4  

4) Kemampuan memastikan murid siap utk belajar (penasaran)
0    1    2    3    4  

2
Keterampilan Menjelaskan


5) Tingkat penggunaan kalimat yang tidak berbelit-belit
0    1    2    3    4  

6) Tingkat kejelasan istilah (kata) yang tidak meragukan murid
0    1    2    3    4  

7)  Kesesuaian alat peraga/media 
0    1    2    3    4  

8)  Kesesuaian metode (ceramah, diskusi, demonstrasi, dll)
0    1    2    3    4  

9)  Kesesuaian contoh dengan usia dan latar belakang murid
0    1    2    3    4  

  10)  Tingkat sistematika dan struktur penyajian
0    1    2    3    4  

11)  Kemampuan membuat ringkasan/ikhtisar materi pelajaran
0    1    2    3    4  

12)  Tingkat penguasaan materi pelajaran  
0    1    2    3    4  

13)  Tingkat ketersediaan waktu bagi murid untuk bertanya.   
0    1    2    3    4  

3
Keterampilan Variasi dan Penguatan dalam gaya mengajar 


14) Volume suara, nada suara dan kecepatan berbicara.
0    1    2    3    4  

15) Perubahan mimik dan gerakan badan untuk memperjelas pelj
0    1    2    3    4  

16) Perubahan posisi gerak dalam ruangan dan kontak pandang
0    1    2    3    4  

17) Tingkat pemberian pujian melalui kata-kata dan kalimat
0    1    2    3    4  

18) Tingkat pemberian pujian dengan mendekati dan menyentuh 
0    1    2    3    4  

4
Keterampilan Mengelola Kelas


19) Bersikap tanggap dgn memandang seksama semua murid   
0    1    2    3    4  

20) Membagi perhatian secara verbal dan visual (belajar kondusif).
0    1    2    3    4  

21) Memberikan petunjuk dan informasi kepada seluruh murid meskipun sifatnya untuk individu. 
0    1    2    3    4  

5

Keterampilan Menutup Pelajaran



22) Tingkat kejelasan dan ketepatan pertanyaan evaluasi
0    1    2    3    4  

23) Perubahan tingkat kognitif pertanyaan (1= ingatan; 2 = pemahaman; 3 = aplikasi; 4 = analisis dan sintesa/bandingan)   
0    1    2    3    4  

24) Kesimpulan & kesesuaiannya  dgn pencapaian tujuan pelajaran 
0    1    2    3    4  

25) Kejelasan instruksi materi pelajaran pd pertemuan selanjutnya
0    1    2    3    4  



JUMLAH TOTAL SKOR



CATATAN SUPERVISI KELAS

No
Temuan dan Masalah
Solusi
Penanggungjawab
Solusi
Tanggal Pelaksanaan

1.



2.
















………………………, tgl …………………………




Supervisor




ISI MAKALAH

1.   JUDUL MAKALAH
2.   NAMA MAHASISWA
3.   ABSTRAK (200 KATA)
4.   PENDAHULUAN
A.  Permasalahan actual berkaitan dengan judul (jelaskan sumber, gunakan footnote)[1]. Guru korupsi[2]
B.  Tujuan Penyusunan Makalah
C. Manfaat
5.   TINJAUAN TEORETIK (sesuai judul masing-masing)
A.  Definisi
B.  Karakteristik/Kriteria
C. Langkah-langkah kerja/prosedur   
6.   PEMBAHASAN
A.  Bandingkan dengan teori lain/sumber lain
B.  Bandingkan dengan kenyataan (latar belakang)
7.   PENUTUP
A.  Kesimpulan (sesuai tujuan)
B.  Rekomendasi (sesuai manfaat)

8.   DAFTAR  PUSTAKA

Silalahi, Robert, Pendekatan Pembelajaran, Medan: Erlangga, 2012.


















[1]Robert Silalahi, Pendekatan Pembelajaran (Medan: Erlangga, 2012), p. 16
[2] Rahmat Saleh, “Fenomena Kualitas Guru Kota Medan”, dalam Harian Analisa, Edisi Rabu Tanggal 12 April 2011. 

0 komentar:

Post a Comment